Cara Mencari Modal Usaha

Mencari Modal Usaha itulah hal yang terpikirkan ketika kita menemukan suatu peluang usaha. Karena Modal adalah bagian penting dalam Memulai Usaha Baru.

BACA JUGA :  Cara Memulai Usaha Baru

Modal yang diperlukan untuk kegiatan usaha terbagi menjadi :
  1. Modal Investasi Awal,
  2. Modal Kerja,
  3. dan Modal Operasional.

Namun setelah mengetahui hal ini, beberapa orang malah makin pusing. "Menghitung modal sih memang gampang. Masalahnya sekarang, gimana caranya supaya modalnya bisa terkumpul?".

Mencari Modal Usaha

Setelah menentukan pilihan dan berkomitmen untuk memulai usaha baru yang akan dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencari modal usaha

Menurut Tung Desem ada 11 cara mencari modal usaha tanpa jaminan
1.  Menabung.
2.  Hutang IMF.
3.  Hutang Teman.
4.  Private Investor.
5.  Modal Ventura.
6.  Jual Saham.
7.  Jual Franchise.
8.  Jual Ide.
9.  Partnership.
10. Hutang Supplier.
11. Hutang Kepada Pembeli (bayar di depan).

Cara diatas saya ringkas saja menjadi 3 bagian cara mencari modal usaha :
1. Menjual Aset (Modal Sendiri)
Anda juga bisa menjual atau menggadaikan aset yang Anda miliki kalau ternyata Anda tidak suka berhutang untuk mendapatkan modal usaha. Aset yang dimaksud adalah yang memili nilai investasi cukup tinggi misalnya tanah, rumah, mobil, motor atau perhiasan. Disarankan untuk menjual satu jenis aset saja dengan harga tinggi daripada beberapa aset dengan nilai yang rendah.

Menjual barang untuk menambah modal usaha adalah hal yang biasa. Yang paling penting, jangan merasa terlalu sayang untuk menjual beberapa aset Anda untuk menambah modal usaha.
Contohnya, kalau Anda tidak mempunyai uang untuk modal usaha dan harus menjual perhiasan Anda, ya jual saja. Kelak bila usaha Anda sudah berhasil, Anda toh bisa membeli lagi perhiasan yang lebih bagus.

2. Pinjaman
Meminjam uang untuk modal usaha juga sering dilakukan orang. Dengan meminjam, seringkali usaha yang memang Anda impikan bisa lebih cepat terwujud. Hal ini lebih baik daripada menunggu hingga modal terkumpul. Hanya saja, karena modal itu Anda dapatkan dengan meminjam, Anda betul-betul harus memperhatikan cash flow Anda. Ini karena Anda pasti harus mengembalikan uang yang Anda pinjam. Entah dengan mengembalikannya secara bulanan, 6 bulanan, atau mungkin tahunan.

Pinjaman paling mudah tentunya adalah meminjam uang dari keluarga atau teman yang anda sudah kenal baik. Biasanya, jenis pinjaman ini tanpa bunga karena sifatnya adalah kepercayaan antar keluarga. Carilah anggota keluarga atau teman yang kondisi ekonominya baik sehingga kemungkinan pinjaman Anda ditolak kecil.

3. Kerja sama
Dari pada Anda memakai dana milik Anda sendiri semuanya, atau daripada Anda meminjam, mengapa tidak mencoba menjalin kerja sama dengan orang lain? Dengan menjalin kerja sama, maka risiko usaha Anda bisa lebih kecil karena harus dibagi bersama teman-teman Anda. Cuma, keuntungan yang Anda dapatkan tentu juga harus dibagi. Artinya, risiko dibagi, keuntungan juga harus dibagi (ada kemungkinan Faktor Kegagalan dalam Usaha)

BACA JUGA : 8 Faktor Kegagalan Wirausaha

Sekarang masalahnya, adakah orang yang mau kerjasama dengan Anda? Itu tergantung apakah Anda bisa dengan baik menawarkan keuntungan yang masuk akal pada usaha yang Anda tawarkan. Tetapi, tawaran keuntungan saja belum cukup lho. Anda juga harus bisa memberikan pendekatan yang baik, tidak sombong pada orang-orang yang ingin Anda ajak kerjasama.

Demikianlah ulasan artikel "Cara Mencari Modal Usaha". Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kuncinya "Berani mengambil keputusan".

Selamat mencoba....Semoga Sukses...Aminnnn..

Artikel Lainnya : Klik Disini

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda, mohon di share agar artikel ini juga bermanfaat buat orang lain. Silahkan pilih logo Sosial Media dibawah ini. " Indahnya Berbagi " ....Terima kasih
Share
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archives

Peluang Bisnis

Pengikut

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright © 2015 - 2019 Blog Informasi Aneka Bisnis dan Usaha.
Design by 2H. Published by Amirullah Yunus. Powered by Blogger.
Creative Commons License