Tips Membangun Usaha Nasi Goreng Agar Sukses

Bila anda memilih Usaha Nasi Goreng sebagai pilihan peluang usaha, sebaiknya pertama kali yang dipikirkan jika sudah ada modal, resep, tempat maka setidaknya :
Segmen pasar mana yang akan dibidik?

Untuk usaha nasi goreng sendiri terbilang cukup ramai, hampir di semua daerah dan lokasi ada saja warung atau pedagang yang menjual nasi goreng. Makanan yang satu ini cukup di sukai semua golongan dan tidak memandang status sosial, nasi goreng sendiri sama halnya dengan bakso, dapat kita temui dimana saja.

BACA JUGA :  Cara Mencari Modal

1. Menentukan Segmen Pasar
Kenapa segmen? karena ini menentukan seting ruangan, harga dan cara melayani. Masak sih kita nawari produki sisir rambut ke orang gundul yang habis masuk OPSPEK? Nah segmentasi ini sebagai bentuk upaya agar rumah makan / warung nasi goreng ini akan cepat diserap pasar.
Segmentasi ini tidak harus rumit, yang terpenting agar respon pasar sangat baik, karena memang sebagai permulaan dengan respon baik akan menambah semangat. Segmentasi dalam strategi marketing menjadi kunci awal.

Tips Membangun Usaha Nasi Goreng Agar Sukses diantaranya adalah :
  1. Tentukan Segmen Pasar
  2. Buatlah image Brand
  3. Inovasi menu
  4. Lakukan Promosi
  5. Kekuatan sebuah minuman 
  6. Manfaatkan waktu tunggu

Usaha Nasi Goreng

BACA JUGA :  Cara Menentukan Segmen Pasar

2. Image Brand Menu dan Usaha Anda
Apa yang membuat nanti nasi goreng ini menjadi mudah di kenali. Karena sepertinya di Indonesia ini sudah begitu banyak penjual nasi goreng, sehingga perlu suatu upaya pembeda, berbeda dalam hal ini ada beberapa sisi :
  • Harga, harga ini bisa berbeda, bahkan kadang ada yang memanfaatkan psiskolohi harga dengan menulis Rp. 9.999, tapi itu bukan jaminan, masih ada hal  lain yang lebih penting untuk mengukur sejauh mana harga ini sesuai segmentasi yang dituju.
  • Layanan, bisa dimulai dari pakaian semua crew, tempat usaha dengan warna tertentu, sajian bumbu yang wangi sekali, ramah dan bersahabat, ada SMS pemesanan dan SMS Komplain, tidak puas SMS bonus minuman.
  • Persepsi yang akan ditanamkan, positioning –> Karena usaha ini banyak yang melakukannya maka perlu juga membangun kesan yang tak terlupakan, atau persepsi yang ditanamkan ke pasar, melalui media atau orang2 yang pernah berkunjung, untuk mendongkrak mulut ke mulut. Namun mohon diingat persepsi yang ditanam sebaiknya juga ada nilai keunggulan dan keunikan. Misal cara menyajikan, tampilan, aroma, rasa, cara masak tetap menggunakan arang dari kayu asam, gerobak dengan ayam bergelantungan, cekatan dalam mengolah dll
  • Misal  Nasi goreng kambing awalnya menjadi unik dan menarik banyak pihak yang ingin mencoba, kemudian banyak yang meniru namun jika kita kemudian menyebutkan yang pertama di wilayah sana..., adalah keunggulan tersendiri.

3. Variasi Menu
Tidak semua sedang ingin nasi goreng, sehingga mungkin sedang pengen mie rebus, sehingga variasi menu ini menjadi daya tarik agar tetap ada penjualan meski dari menu yang berbeda. Harapannya adalah ketika ada peminat berupa anggota kelompok dan semuanya ingin makan malam, mungkin saja kesemuanya tidak suka nasi goreng sehingga bisa mencoba yang lain.

Usaha Nasi Goreng

4. Inovasi menu
Bisa dicoba inovasi sajian menggunakan piring mewah kelas hotel.
inovasi menu menggunakan kambing afrika, nasi goreng kambing afrika.
inovasi dalam sajian meja maka mulai dari botol kecap, saos dibuat  elegan dengan merek dari usaha kita.
inovasi dari sisi kenyamanan bisa menggunakan kursi yang nyaman, klasik dari kayu, lebar.
inovasi dari harga, bagi yg merayakan acara tertentu diskon tertentu juga.
inovasi dalam cara masak misal dengan atraksi bunyi, lempar, kosntum ala Koki Hotel dll.

5. Promosi
Bisa menggunakan sistem kolektif, artinya mendekati pasar kolektif, misal ke kampus2 , kantor, instansi, dengan kupon makan gratis per instansi ada 5 porsi dengan tanggal yang bergantian setiap instansi, agar bisa merata dan warung terlihat selalu terisi.  Selain itu juga dalam beberapa even di kampung dll, memberikan voucer makan gratis atau souvenir, dengan tujuan agar terjadi kesadaran usaha/merek. Karena meman untuk warung makan berbasis nilai tradisional tidak harus menggunakan promosi TV, Radio dan koran, tentu pendekatan mulut ke mulut akan lebih cepat stabil dalam promosi.

6. Kekuatan sebuah minuman dalam suasana
Mungkin bisa dibayangkan makan mie rebus saat hujan deras malam hari didampingi dengan secangkir Wedang Ronde, secangkir Jahe, tentu akan meningkatkan rasa nikmat terhadap nasi goreng itu sendiri, karena memang keduanya hangat dan menghangatkan.  Sehingga siapkan minuman untuk menjadi lebih unggul dari warung lain.

7. Manfaatkan Waktu Menunggu
Sambil menunggu proses masak nasi goreng jangan lewatkan momentum ini misal dengan camilan kacang dll, juga ada minuman pembuka dengan gelas kecil.. Selain itu jangan lupa mungkin koran atau majalah bisa menjadi pengisi wkatu tunggu agar tidak terkesan bosan menunggu, atau kata lain menunggunya 30 menit makannya cuma 10 menit, sehingga manfaatkan waktu tunggu itu sebaik mungkin.

Demikianlah ulasan artikel " Tips Membangun Usaha Nasi Goreng Agar Sukses ". Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kuncinya "Berani mengambil keputusan".
Sumber : Ipan Bisnis, Berbagai sumber

Selamat mencoba....Semoga Sukses...Aminnnn..

Artikel Lainnya : Klik Disini

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda, mohon di share agar artikel ini juga bermanfaat buat orang lain. Silahkan pilih logo Sosial Media dibawah ini. " Indahnya Berbagi " ....Terima kasih
Share
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archives

Peluang Bisnis

Pengikut

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright © 2015 - 2019 Blog Informasi Aneka Bisnis dan Usaha.
Design by 2H. Published by Amirullah Yunus. Powered by Blogger.
Creative Commons License