Strategi Menentukan Segmen Pasar Bisnis

Menentukan Segmen Pasar - Salah satu langkah dalam proses perencanaan bisnis adalah menentukan siapa target market Anda dan mengapa mereka mau membeli produk atau memakai jasa perusahaan Anda.
Menurut Hermawan Kertajaya, pengertian segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif
Strategi Menentukan Segmen Pasar Bisnis
Contoh : paling gampang segmentasi pasar adalah Anda jualan mobil BMW (product) dengan harga 750 juta (price) kemudian Anda jual ke pengemis (targeting & segmentation).
Walaupun BMW tersebut sudah Anda diskon gila-gilaan sampai 75% (promotion), si pengemis tidak akan membeli. Kenapa? Karena itu bukan kebutuhan dia. Beda kalau Anda jual ke segmentasi pasar pecinta mobil mewah, akan lain hasilnya.

Hal itu juga sama saja dengan Anda jual daging ayam ke segmentasi pasar orang yang vegetarian atau Anda jual sirip ikan hiu ke pasar tradisional yang belum tentu orang yang suka makan seafood dan yang berkantong tebal datang ke tempat tersebut. Hasilnya pasti nol besar, walaupun harga sudah Anda turunkan mati-matian sampai ngos-ngosan. Perilaku pasarnya-pun berbeda.

Produk atau Usaha Jasa Yang Anda tawarkan kepada target market harus jelas. Tentu lebih dari sekedar produk atau layanan yang anda jual, anda harus memikirkannya kembali. Jika anda memulai sebuah bisnis maka anda harus memahami mengapa target market / segmen pasar yang anda tuju mau membeli dari anda? apakah keuntungan dan diferensiasi yang anda berikan dan membuat brand anda menonjol di tengah target market tersebut.

Lalu bagaimana cara mengetahui segmentasi pasar? Lakukan riset pasar !! Setelah Anda mengetahui siapa target pasar Anda, Anda akan lebih mudah memasarkan produk Anda.
Jadi, lihatlah selalu segmentasi pasar Anda secara kreatif. Tentukan segmentasi pasar mana yang Anda pilih, rancang taktik pemasaran Anda, baru Anda jual “Produk / Jasa” anda.

Artikel Lainnya : Klik Disini
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda, mohon di share agar artikel ini juga bermanfaat buat orang lain. Silahkan pilih logo Sosial Media dibawah ini. " Indahnya Berbagi " ....Terima kasih
Share
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archives

Peluang Bisnis

Pengikut

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright © 2015 - 2019 Blog Informasi Aneka Bisnis dan Usaha.
Design by 2H. Published by Amirullah Yunus. Powered by Blogger.
Creative Commons License